Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Es Krim Kulit Pisang

Es Krim Kulit Pisang - Resep Terbaru Info-Banyuwangi karya anak bangsa, dihidangkan bersama Resep Rujak Buah, mau tahu resep spesialnya, di postingan kali ini akan membahas seputar resep es krim kulit pisang. yang kita tahu kulit pisang akan kita buang, karena kita beranggapan kulit pisang tidak bisa di olah menjadi makanan, dan termasuk sampah, namun di tangan anak pertanian Program Studi Agribisnis Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Brawijaya, diantaranya : Sayyidah Anggun, Ratna Dumilah, Ichwal Januraga, dan Eygina Yosephine yang berhasil mengubah kulit pisang menjadi es krim lezat kaya vitamin.
Salah satu mahasiswa, Ichwal mengatakan bahwa pembuatan es krim kulit pisang berawal dari tugas perencanaan bisnis dalam mata kuliah RUA (Rancangan Usaha Agribisnis) dari dosen pengampu Ir. Heru Santoso Hadi. Dalam tugas tersebut mereka ditantang untuk membuat produk yang unik dan berinovasi.
"Pada saat pembagian tugas, kebetulan kelompok kami mendapatkan buah pisang untuk bahan dasarnya. Awalnya kami mempunyai ide membuat tas dari kulit pisang, namun setelah kami pikir ulang ternyata justru memakan banyak biaya. Kemudian saat kami makan es krim, muncullah ide membuat es krim dari kulit pisang,"kata Ichwal menjelaskan.


Berawal dari ide itulah kemudian mereka mulai mencari cara bagaimana membuat es krim dari kulit pisang yang nikmat namun tidak terasa pahit di lidah.Anggun menjelaskan agar kulit pisang tidak terasa pahit, maka dalam pengolahannya kulit pisang akan dibersihkan dan direbus dengan menggunakan air gula. Setelah itu kulit pisang dihaluskan dan diambil ekstraknya. Setelah kulit pisang dihaluskan, kulit pisang diekstrak dan dicampur dengan adonan es krim dan diberi berbagai macam rasa.

"Pemilihan kulit pisang juga tidak bisa sembarangan. Kami menggunakan kulit yang masih segar dan bersih,"katanya.

Dalam proses pembuatannya, Anggun mengaku mengalami beberapa kendala, seperti sulitnya mencari kulit pisang karena hambatan tidak adanya pengepul.

"Sangat sulit mencari pengepul kulit pisang. Selama ini untuk mendapatkan kulit pisang, kami biasanya mencari di penjual gorengan,"katanya menjelaskan.

Sulitnya mencari kulit pisang sebanding dengan kandungan yang ada di dalamnya yang mempunyai vitamin lebih besar dibandingkan daging buahnya.

Selain itu, kulit pisang juga mempunyai kandungan vitamin A, B, dan C serta protein, kalsium, dan lemak nabati yang cukup.

Es krim kulit pisang tersebut merupakan produk karya mahasiswa Fakultas Pertanian yang menjadi juara satu produk unggulan Agribisnis angkatan 2010 FP UB. Produk tersebut saat ini dijual dengan harga Rp 3000 per cup nya dan mempunyai variasi rasa seperti coklat, capucino, vanila, dan strawberry.

anda berminat, dapatkan resep Es Krim Kulit Pisang selengkapnya hanya di Info-Banyuwangi

Anda sedang membaca artikel tentang Es Krim Kulit Pisang dan anda bisa menemukan artikel Es Krim Kulit Pisang ini dengan url http://cahosing.blogspot.com/2012/08/es-krim-kulit-pisang.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Es Krim Kulit Pisang ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Es Krim Kulit Pisang sebagai sumbernya

Artikel lainnya selain "Es Krim Kulit Pisang"

:


4 komentar:

Unknown mengatakan...

walah panganan opo ikai

Toko Online Ramuan Madura mengatakan...

resep yang keren banget. terima kasih telah berbagi resep pembuatan es krim pisang ini

Unknown mengatakan...

Saya Pembuat Kripik Pisang, ini ada kulit pisang nya g terpakai.

sablon cup mengatakan...

thank's informasinya gan. mantap..

www.kiostiket.com

Posting Komentar

Blog Patner

Info Banyuwangibedah digitalKumpulan-Terbaru