Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Pabrik Gula terbesar

Pabrik Gula Terbesar - rencananya akan dibangun di Info-banyuwangi nampaknya akan segera terwujud. Menurut ketua BUMN Indonesia Pabrik gula ini akan menjadi yang terbesar, tercanggih di indonesia terbaru. PLN Banyuwangi pun sudah siap untuk menyuplay investasinya.
Rencananya, ground breaking akan dilaksanakan pada tanggal 10 November 2012, di lahan Afdeling Jolondoro Glenmore, HGU milik PTPN XI. Hal itu disampaikan oleh Direktur Produksi PTPN XII, Ir. Soewarno saat rapat kerja antara Pemkab Banyuwangi dengan PTPN XI dan PTPN XII di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Sabtu (14/7).
Menurut Soewarno pendirian pabrik gula yang diproyeksikan sebagai yang terbesar dan termodern itu, bernilai investasi Rp 1,4 triliun dengan rencana produksi  5 ribu extended  8 ribu ton perhari. PTPN mentargetkan pabrik tersebut sudah bisa melakukan giling perdana pada 2015, dengan masa giling 150 hari. “On farm-nya akan banyak dikerjakan oleh PTPN XII, sementara Off farm akan dipegang oleh PTPN XI yang lebih pengalaman,” terang Soewarno.
Pabrik gula yang rencananya akan diberi nama PG Glenmore nantinya berdiri di atas lahan PTPN XII seluas 5 – 6 ribu hektar dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 5-8 ribu tenaga kerja. “Kebutuhan tenaga kerja (naker) untuk operasional setelah berdiri sekitar 100 orang. Pabrik dijalankan sebagian besar dengan mesin karena berbasis modern. Sedangkan untuk tenaga unskill dibutuhkan hingga 8 ribu tenaga yang akan kami ambil dari masyarakat setempat,” terang Soewarno.
Ditambahkan Soewarno, PG Glenmore nantinya merupakan anak perusahaan, hasil konsorsium holding antara PTPN III, PTPN XI dan PTPN XII. Kenapa anak perusahaan? Karena menurut Soewarno manajemen pabrik akan dipegang  anak-anak muda. “Pak Dahlan ingin agar pabrik gula tersebut dikelola orang muda. Karena menurut beliau anak muda dikenal berintegritas tinggi dan bisa bergerak dengan cepat. Serta memiliki semangat yang tinggi,” urai Soewarno.
Dengan mesin canggih yang menggunakan sistem karbonatasi, Soewarno mengatakan rendemen gula atas tebu petani minimal 10 persen. Selain itu mesinnya dirancang agar petani dapat langsung melihat berapa rendemen tebunya. “Petani tidak akan merasa dirugikan seperti selama ini. Mesin PG nanti dirancang rendemennya bisa diketahui secara fair,” kata Soewarno
Sementara itu terkait pendirian PG Glenmore, Kepala Bidang Perencanaan dan Pembangunan PTPN XI, Dodit Wijang Hariadi mengatakan bahwa pabrik gula ini akan dibangun dengan sistem karbonatasi dan ramah lingkungan. Pengoperasian pabrik ini nantinya hanya membutuhkan air 60 liter/detik. “Dengan debit air seperti itu tidak ada limbah yang terbuang. Kita juga akan melakukan konservasi lahan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan,” jelasnya.
Dodit menambahkan, pendirian PG di Banyuwangi  sebagai salah satu upaya mewujudkan swasembada gula nasional pada 2014 mendatang. Mengingat produksi gula selama ini belum bisa mencukupi kebutuhan nasional, sehingga dibutuhkan pabrik gula yang memiliki produktivitas tinggi seperti PG yang akan dibangun di Banyuwangi. “Banyuwangi memiliki potensi lahan yang cukup sehingga memungkinkan untuk pendirian PG.
Baca Selengkapnya artikel Info-Banyuwangi tentang Pabrik Gula Terbesar di Masa Depan..........................

Anda sedang membaca artikel tentang Pabrik Gula terbesar dan anda bisa menemukan artikel Pabrik Gula terbesar ini dengan url http://cahosing.blogspot.com/2012/07/pabrik-gula-terbesar.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pabrik Gula terbesar ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Pabrik Gula terbesar sebagai sumbernya

Artikel lainnya selain "Pabrik Gula terbesar"

:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Patner

Info Banyuwangibedah digitalKumpulan-Terbaru